Home Overview PSI Tangsel Nilai Lemahnya Koordinasi DPU dan DLH Antisipasi Banjir

PSI Tangsel Nilai Lemahnya Koordinasi DPU dan DLH Antisipasi Banjir

by admin
0 comment 153 views

Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meninjau saluran air dan got yang mampet dikawasan Perumahan Bukit Pamulang Indah (BPI) yang menjadi langganan banjir saat musim hujan.

Ketua Frakasi PSI Tangsel Ferdiansyah mengatakan, harus ada koordinasi antara Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) terutama bidang pemeliharaan Sumber Daya Air (SDA) untuk saling bekerja sama membersihkan sampah dan saluran air.

“Secara tugas memang berbeda. Namun di lapangan saling berkaitan. Perlu koordinasi yang melekat untuk menyelesaikan masalah sampah dan saluran air,” ujar Ferdi saat meninjau perumahan tersebut, Sabtu (8/2/2020).

“Contoh yang saya temui di BPI ini. Harusnya LH siaga urusan sampah dan pemeliharaan SDA dinas PU bisa fokus pada pengerukan lumpur di tandon Pamulang dan jalur air di sekitarnya,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ferdi juga mengecek keberadaan tiga pompa penyedot air dari tandon ke sungai jika pasokan air memperlihatkan peningkatan.

“Alhamdulillah pompa kondisinya bagus dan bisa beroperasi semua. Saya juga cek saluran-saluran di sekitarnya. Ada puluhan karung sampah yang menyumbat dan sudah dibersihkan,” ujarnya.

Sementara Bakal Calon Walikota Tangsel dari partai PSI yang ikut mendampingi Ferdi, Kokok Dirgantoro menjelaskan, pentingnya Pemerintah Kota agar punya monitoring system yang melibatkan partisipasi masyarakat.

“Masyarakat dapat memberikan foto dan koordinat di mana ada tempat pembuangan sampah liar dan saluran air yang bermasalah. Dengan demikian Pemkot punya peta permasalahan yang rinci dan bisa melakukan pengolahan data untuk menyelesaikan masalah sampah dan saluran air sesuai kondisi tiap-tiap wilayah,” pungkasnya.

Sumber: bantennews.co.id

Baca Artikel Lainnya

Leave a Comment